I'm your huckleberry

though i can't change the world, i can always change myself. btw: tolong bantu Panti Asuhan Bustanul Aitam (http://ulim-orphan.blogspot.com/ ). Bank BRI, Unit Meureudu, Cabang Sigli, Aceh, Indonesia// Account Number: 3970.01.002291.53-4// On behalf of: Yayasan Bustanul Aitam// Swift Code: BRINIDJA. Contact: Ilyas Ibrahim S.AG, mobile: +62-(0)81362672600

Thursday, November 10, 2005

Situs saya: Aceh Links

Saya mulai mengenal internet tahun 1996/97. Tapi benar2 aktif di internet mulai 1998 dan semakin aktif di tahun 1999-2001, ketika kuliah di Singapura. Waktu itu saya aktif mempromosikan masalah pelanggaran hak asasi manusia di Aceh, khususnya dengan target mereka yang tidak bisa berbahasa Indonesia. Karya pertama saya adalah sebuah halaman link berita, Aceh Links. Untuk memperbaiki format, saya membuat situs Aceh Links baru dengan menggunakan Microsoft Front page dan saya posting di Tripod. Karya lama saya masih bertahan pada peringkat 1~3 bila di google menggunakan kata kunci ‘aceh’.

Situs ini tidak di update dengan beberapa alasan:
  1. keterbatasan fasilitas internet ketika balik ke Jakarta

  2. notebook saya crash dan file2 Aceh Links rusak/hilang

  3. munculnya situs2 Aceh dalam bahasa Inggris yg jauh lebih bagus, misal Acheh Times (belakangan juga ada situs Aceh Kita versi Inggris – sudah tiada sejak September 2005)

Dengan semakin banyak berita mengenai Aceh dalam bahasa Inggris, maka nilai manfaat situs saya juga semakin menurun (in economic term: my private marginal cost larger than social marginal benefit, singkatnya MCprivate > MBsocial). Akhirnya saya membiarkan situs seperti apa adanya sejak pertengahan 2001.

Meskipun banyak yg protes karena banyak informasi baru mengenai Aceh, situs tidak saya tutup. Anggap saja sebuah kenang2-an. Lagipula, masih banyak yg suka kok, berhubung ada beberapa info menarik. rz

0 Comments:

Post a Comment

<< Home